Yuk baca buku di Perpustakaan daerah DKI Jakarta (Cikini)

Hola temans, kali ini saya akan membagikan info tentang salah satu perpustakaan umum yang ada di wilayah Jakarta tepatnya di Cikini. Perpustakaan ini berlokasi di kompleks Taman Ismail Marzuki di jl. Cikini Raya no . 73 – Jakarta Pusat. 


Posisi gedung dipojok TIM, dekat pintu keluar


Ini penampakan gedung perpustakaan Cikini


Sistem penghitungan lantainya seperti di Inggris dimana lantai satu disebut ground floor, jadi sejatinya gedung ini berlantaikan 4 tapi dihitung 3 (sotoy dikit).
Susunan ruangan per lantai
Di lantai 1 eh lantai dasar, begitu masuk gedung pengunjung akan dipersilahkan mengisi buku tamu oleh satpam, di ruangan ini berisi lukisan karya anak-anak, foto-foto pahlawan dan koleksi buku tentang kepala daerah Jakarta dsb, 
Lantai dasar
Buku-buku tentang kepala  DKI Jakarta

Foto-foto pahlawan

Gambar karya anak-anak juga dipajang lho

oya di dekat pintu masuk juga ada Jakarta Digital Library Corner, jadi kalian bisa mencari buku memakai  computer yang sudah disediakan.
Digital Library Corner
Setelah memasuki pintu kedua, disebelah kanan ada petugas perpusnya, disini pengunjung diminta menyerahkan KTP dan mengambil kunci loker untuk menyimpan tas de el el, oya kalian juga bisa minta tas perpusnya kalau bawa laptop dsb ( nanti pulangnya dikembalikan lho yah)
Tempat petugas perpus, serahin KTP sambil minta kunci loker ya..

Peraturan di dalam perpus

Loker untuk tempat tas

Kalau kalian berminat membuat kartu anggota perpustakaan juga bisa kok, tempatnya disebelah petugas tadi, kalian cukup mengisi formulir dan menyerahkan fotokopi KTP, nanti langsung difoto ditempat, jadi deh. Paling sekitar 5 menit.
Tempat pembuatan kartu perpus

naik keatas bisa pakai tangga atau lift

Di lantai 2 ( tulisannya first floor, inget Inggris haha) ruangannya sangat nyaman dan luas, kalian bisa memilih duduk di bangku atau lesehan. Koleksi bukunya umum, dari buku-buku pelajaran SMP/SMA sampai koleksi novel, bukunya masih baru jadi untuk sementara belum bisa dipinjam ( belum tau kapan bisa pinjemnya, Syedih) . Koleksinya cukup lengkap dari novel teenlit, klasik sampai yang berbahasa inggris.


Narsis dikit di lantai 2
Ada koleksi buku berhuruf braille

Ruangan pojok deket jendela
Di lantai berikutnya lantai 3 (second floor tulisannya mah) ini ruangan untuk anak-anak, tempatnya sangat bagus ada playground dengan criteria anak umur max 5 tahun / tinggi max 110 cm. Playground ini dibuka dalam dua sesi, pukul 09.00-11.00 wib dan sesi kedua pukul 14.00-16.00 wib. Ada Tempat buku anak-anak dan koleksi mainan edukatif, ada yang boleh dimainkan ada juga yang ga boleh disentuh. 
Playground 



Koleksi mainan ga boleh disentuh



Di lantai 3, ini ruang rujukan karya cetak, rekam, kamus dan ensiklopedi, ada Koran-koran juga. Disini ruangannnya bisa dibilang paling kecil. Tapi koleksi bukunya juga lengkap. Disini juga ada sofanya. 
Kamus dan ensiklopedi



Ada sofanya juga


Dan yang pasti secara keseluruhan ruangannya nyaman, adem ( AC nya kenceng) , 
pokoknya recommended banget buat kalian yang pengin kabur sejenak dari riuhnya ibukota. Soalnya pas masuk perpustakaan ini hawanya tenang banget. Ini juga cocok buat kalian yang ingin mengerjakan skripsi, mengajak anak-anak bermain atau sekedar menghabiskan sore.
Oya perpustakaan ini buka senin-Jum'at pukul 09.00-1700 dan sabtu-minggu pukul 09.00-16.00 ( libur nasional/ cuti bersama tutup).

Sekian info dari saya, semoga bermanfaat





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah ADAB BERTETANGGA

DIMENSI ALIRAN PEMIKIRAN ISLAM

“Sejarah Perkembangan Psikologi dan Aliran-alirannya