Tokoh Pembaruan di Mesir



RASYID RIDHA
( Makalah ini disusun untuk memenuhi tugas mata kuliah Aliran modern dalam Islam )
Dosen    : Tohirin

Disusun oleh :
1. Dwi Niar Damayanti
2. Soriyah

Fakultas Tarbiyah
Jurusan Pendidikan Agama Islam
Sekolah Tinggi Agama Islam Nahdlatul Ulama
2009/2010


Pendahuluan

Dalam sejarah pemikiran islam modern,Syekh Muhammad Abduh dikenal  sebagai tokoh pembaruan yang paling berhasil. Gagasan pembaruannya tidak hanya berpengaruh di negeri sendiri,Mesir, tapi juga negeri-negeri islam lainnya yang ada di Timur Tengah,Maroko,Afrika Utara,hingga ke Indonesia,Asia Tenggara.[1] Namun,keberhasilannya tersebut dapat terwujud bukan karena hasil upayanya semata,melainkan juga berkat upaya dan kontribusi muridnya,Sayyid Muhammad Rasyid Ridha,yang tidak pernah mengenal lelah dalam menyebarluaskan pemikiran-pemikiran tokoh itu ke seluruh dunia islam melalui majalah al-Manar,tafsir al-Manar,dan karya-karyanya yang lain.

Menurut Abdullah Mahmud Syahatah,seandainya Ridha tidak pernah mempublikasikan gagasan pembaruan Abduh,kita tidak akan dapat mengenal gagasannya yang brillian,khususnya di bidang tafsir.[2] Senada dengan pernyataan Syahatah,Anwar al-Jundi juga mengatakan bahwa jika bukan karenaRidha melalui majalah al-Manar,sebagian besar pemikiran abduh pasti sudah hilang.

Lebih dari itu Abduh sendiri mengakui hal tersebut,hal ini tampak dalam pernyataannya :
“Tidak ada seorangpun diantara kalian yang mampu mengambilalih tugasnya,Bawalah orang lain seperti dia kepadaku,aku akan meninggalkannya.Ia tidak pernah mengatakan kepadaku seperti apa yang telah kalian katakana itu.Sekarang aku tegaskan kepada kalian bahwa Tuhan telah mengirim pemuda itu kepadaku untuk memperpanjang usiaku dan menambah jatah hidupku.Banyak hal didalam benakku yang ingin aku tulis dan sampaikan kepada umat, namun aku tidak dapat melakukuannya,karena berbagai kesulitan yang membelitku. Karena itu hanya dia yang kemudian dapat melakukannya seperti yang ingin aku sampaikan, Apabila aku menyabut suatu topic kepadanya untuk ditulis dalam al-Manar, ia lantas menulisnya seperti yang ingin aku tulis dan katakana. Ia yang menyelesaikan apa yang telah aku mulai dan menguraikan apa yang aku sebutkan garis besarnya. Dalam lawatanku ke Tunisia dan Eropa, aku sempat melihat hasil jerih payahnya dan pengaruh dari majalah al-Manar yang dikelolanya. Hal itu tidak pernah aku prediksikan sebelumnya. Bahkan ia juga telah berhasil menghimpun sejumlah kelompok, murid, dan sahabat yang menjadi pendukungku”.[3]


Pembahasan

Biografi

Sosok intelektual satu ini bernama lengkap Muhammad Rasyid bin Ali Ridha bin Syamsuddin bin Baha'uddin Al-Qalmuni Al-Husaini. Namun, dunia Islam lebih mengenalnya dengan nama Muhammad Rasyid Ridha. Ia lahir di daerah Qalamun (sekitar 3 mil jauhnya dari Kota Tripoli, Lebanon) pada  27 Jumadil ula 1282 H atau 18 oktober 1865 M.[4]

Ayah dan ibu Ridha berasal dari keturunan al-Husayn,putra Ali bin Abi Thalib dengan Fathimah,putri Rosulullah SAW.[5]
Semasa kecilnya, Rasyid Ridha dimasukkan oleh orang tuanya ke madrasah tradisional di desanya, Qalamun, untuk belajar membaca Alquran, belajar menulis, dan berhitung. Berbeda dengan anak-anak seusianya, Rasyid kecil lebih sering menghabiskan waktunya untuk belajar dan membaca buku daripada bermain, dan sejak kecil memang ia telah memiliki kecerdasan yang tinggi dan kecintaan terhadap ilmu pengetahuan.

Setelah menyelesaikan belajar baca tulisnya, dalam usia sekitar 17 tahun, Rasyid Ridha melanjutkan studinya ke Madrasah Al-Wathaniyyah Al-Islamiyyah,. merupakan sekolah yang didirikan dan dipimpin oleh Syaikh Al-Jisr, seorang ulama besar Libanon yang telah dipengaruhi oleh ide-ide pembaruan al-Sayyid Jamaludin al_Afghani dan Syekh Muhammad Abduh.[6]

Di sini, Rasyid Ridha belajar pengetahuan agama dan bahasa Arab secara lebih mendalam. Selain itu, ia juga belajar ilmu bumi, ilmu berhitung, dan pengetahuan modern lain, seperti bahasa Prancis dan Turki.

Namun, Rasyid Ridha tidak dapat lama belajar di sekolah ini karena sekolah tersebut terpaksa ditutup setelah mendapat hambatan politik dari pemerintah Kerajaan Usmani. Untuk tetap melanjutkan studinya, dia pun pindah ke salah satu sekolah agama yang ada di Tripoli. Meskipun sudah pindah sekolah, tetapi hubungan Ridha dengan guru utamanya saat di Madrasah Al-Wathaniyyah Al-Islamiyyah terus berlanjut.
Sang gurulah yang telah banyak berjasa dalam menumbuhkan semangat ilmiah dan ide pembaruan dalam diri Rasyid Ridha di kemudian hari. Di antara pikiran gurunya yang sangat berpengaruh adalah pernyataan bahwa satu-satunya jalan yang harus ditempuh umat Islam untuk mencapai kemajuan adalah memadukan pendidikan agama dan pendidikan umum dengan metode modern. Hal tersebut didasari kenyataan sekolah-sekolah yang didirikan bangsa Eropa saat ini banyak diminati oleh para pelajar dari seluruh penjuru dunia, padahal tidak disajikan pelajaran agama di dalamnya.
Selain menekuni pelajaran di sekolah tempat ia menimba ilmu, Rasyid Ridha juga rajin mengikuti beberapa perkembangan dunia Islam melalui surat kabar Al-'Urwah Al-Wusqo (sebuah surat kabar berbahasa Arab yang dikelola oleh Jamaluddin Al-Afghani dan Muhammad Abduh, dan diterbitkan selama masa pengasingan mereka di Paris)[7].

Melalui surat kabar ini, Rasyid Ridha mengenal gagasan dua tokoh pembaru yang sangat dikaguminya, yaitu Jamaluddin Al-Afghani, seorang pemimpin pembaru dari Afghanistan, dan Muhammad Abduh, seorang pembaru dari Mesir. Ide-ide brilian yang dipublikasikan itu begitu berkesan dalam dirinya dan menimbulkan keinginan kuat untuk bergabung dan berguru pada kedua tokoh itu.

Keinginan untuk bertemu dengan Al-Afghani ternyata belum tercapai, karena tokoh ini lebih dahulu meninggal dunia. Namun, ketika Muhammad Abduh dibuang ke Beirut pada akhir 1882, Rasyid Ridha berkesempatan berdialog serta saling bertukar ide dengan Abduh. Pertemuan dan dialog dengan Muhammad Abduh semakin menumbuhkan semangat juang dalam dirinya untuk melepaskan umat Islam dari belenggu keterbelakangan dan kebodohannya.

Di Lebanon, Rasyid Ridha mencoba menerapkan ide-ide pembaruan yang diperolehnya. Namun, upayanya ini mendapat tentangan dan tekanan politik dari Kerajaan Turki Usmani yang tidak menerima ide-ide pembaharuan yang dilontarkannya. Akibat semakin besarnya tentangan itu, akhirnya pada  1898, Rasyid Ridha pindah ke Mesir mengikuti gurunya, Muhammad Abduh, yang telah lama tinggal di sana.

Di kota ini, Rasyid Ridha langsung menemui Muhammad Abduh dan menyatakan keinginannya untuk menjadi murid dan pengikut setia Abduh. Sejak saat itu, Rasyid Ridha merupakan sosok murid yang paling dekat dan setia kepada Abduh.

Pembaruan

Di samping banyak memperdalam pengetahuan dan ide pembaharuan, Rasyid Ridha pun mengusulkan kepada sang guru agar menerbitkan sebuah majalah yang akan menyiarkan ide-ide dan pemikiran mereka.Majalah al-Manar mulai terbit tanggal 15 maret 1989.Isinya antara lain, menyebarkan ide-ide pembaharuan dalam bidang agama, sosial, dan ekonomi; memajukan umat Islam dan menjernihkan ajaran Islam dari segala paham yang menyimpang; serta membangkitkan semangat persatuan umat Islam dalam menghadapi berbagai intervensi dari luar. Dalam perjalanannya majalah ini banyak mendapat sambutan, karena ide-ide pembaharuan yang dilontarkan dalam setiap tulisannya.

Setelah menerbitkan majalah Al-Manar, Rasyid Ridha juga masih sangat aktif menulis dan mengarang berbagai buku dan kitab. Dia sempat mengajukan saran kepada gurunya agar menafsirkan kitab suci Alquran dengan penafsiran yang relevan dengan perkembangan zaman.
Melalui kuliah tafsir yang rutin dilakukan di Universitas Al-Azhar, Rasyid Ridha selalu mencatat ide-ide pembaharuan yang muncul dalam kuliah yang diberikan Muhammad Abduh. Selanjutnya, catatan-catatan itu disusun secara sistematis dan diserahkan kepada sang guru untuk diperiksa kembali. Selesai diperiksa dan mendapat pengesahan, barulah tulisan itu diterbitkan dalam majalah Al-Manar. Kumpulan tulisan mengenai tafsir yang termuat dalam majalah Al-Manar inilah yang kemudian dibukukan menjadi Tafsir Al-Manar.

Pengajaran tafsir yang dilakukan Muhammad Abduh ini hanya sampai pada surah An-Nisa ayat 125, dan merupakan jilid ketiga dari seluruh Tafsir Al-Manar. Hal ini dikarenakan Muhammad Abduh telah dipanggil kehadirat Allah SWT pada 1905, sebelum menyelesaikan penafsiran seluruh isi Alquran. Maka, untuk melengkapi tafsir tersebut, Rasyid Ridha melanjutkan kajian tafsir sang guru hingga selesai.

Karya-karya yang dihasilkan semasa hidup Rasyid Ridha pun cukup banyak. Antara lain, Tarikh Al-Ustadz Al-Imama Asy-Syaikh 'Abduh (Sejarah Hidup Imam Syaikh Muhammad Abduh), Nida' Li Al-Jins Al-Latif (Panggilan terhadap Kaum Wanita), Al-Wahyu Muhammad (Wahyu Allah yang diturunkan kepada Muhammad SAW), Yusr Al-Islam wa Usul At-Tasyri' Al-'Am (Kemudahan Agama Islam dan dasar-dasar umum penetapan hukum Islam), Al-Khilafah wa Al-Imamah Al-Uzma (Kekhalifahan dan Imam-imam besar), Muhawarah Al-Muslih wa Al-Muqallid (dialog antara kaum pembaharu dan konservatif), Zikra Al-Maulid An-Nabawiy (Peringatan Kelahiran Nabi Muhammad SAW), dan Haquq Al-Mar'ah As-Salihah (hak-hak wanita Muslim).
Selain dalam hal pemikiran modern, arah pembaharuan pemikiran Rasyid Ridha tidak jauh berbeda dengan sang guru, Muhammad Abduh. Ide-ide pembaharuan penting yang dikumandangkan Rasyid Ridha, antara lain, dalam bidang agama, pendidikan, dan politik.

Di bidang agama, Rasyid Ridha mengatakan bahwa umat Islam lemah karena mereka tidak lagi mengamalkan ajaran-ajaran Islam yang murni seperti yang dipraktekkan pada masa Rasulullah SAW dan para sahabat. Melainkan ajaran-ajaran yang menyimpang dan lebih banyak bercampur dengan bid'ah dan khurafat. Ia menegaskan jika umat Islam ingin maju, mereka harus kembali berpegang kepada Alquran dan Sunah.[8]

Di bidang pendidikan, Rasyid Ridha berpendapat bahwa umat Islam akan maju jika menguasai bidang ini. Oleh karenanya, dia banyak mengimbau dan mendorong umat Islam untuk menggunakan kekayaannya bagi pembangunan lembaga-lembaga pendidikan. Dalam bidang ini, Ridha pun berupaya memajukan ide pengembangan kurikulum dengan muatan ilmu agama dan umum. Dan sebagai bentuk kepeduliannya, ia mendirikan sekolah di Kairo pada  1912 yang diberi nama Madrasah Ad-Da'wah wa Al-Irsyad.

Dalam bidang politik, Rasyid Ridha tertarik dengan ide Ukhuwah Islamiyah (persaudaraan Islam). Sebab, ia banyak melihat penyebab kemunduran Islam, antara lain, karena perpecahan yang terjadi di kalangan mereka sendiri. Untuk itu, dia menyeru umat Islam agar bersatu kembali di bawah satu keyakinan, satu sistem moral, satu sistem pendidikan, dan tunduk dalam satu sistem hukum dalam satu kekuasaan yang berbentuk negara. Namun, negara yang diinginkannya bukan seperti konsep Barat, melainkan negara dalam bentuk khilafah (kekhalifahan) seperti pada masa Al-khulafa ar-Rasyidin. Dia menganjurkan pembentukan organisasi Al-jami'ah al-Islamiyah (Persatuan Umat Islam) di bawah naungan khalifah.

Khalifah ideal, menurutnya, adalah sosok yang dapat memenuhi beberapa persyaratan, antara lain, dari segi keadilan, kemampuan, sifat mengutamakan kepentingan masyarakat di atas kepentingan pribadi.

Khalifah harus ditaati sepanjang pemerintahannya dijalankan sesuai dengan ajaran agama. Ia merupakan kepala atau pemimpin umat Islam sedunia, meskipun tidak memerintah secara langsung setiap negara anggota. Dan menurut Rasyid Ridha, seorang khalifah hendaknya juga seorang mujtahid besar yang dihormati. Di bawah khalifah seperti inilah kesatuan dan kemajuan umat Islam dapat terwujud.


Kiprah Rasyid Ridha dalam dunia politik secara nyata dapat dilihat dalam aktivitasnya. Ia pernah menjadi Presiden Kongres Suriah pada 1920, menjadi delegasi Palestina-Suriah di Jenewa tahun 1921. Ia juga pernah menjadi anggota Komite Politik di Kairo tahun 1925, dan menghadiri Konferensi Islam di Mekah tahun 1926 dan di Yerusalem tahun 1931.

Pengaruh pemikiran Rasyid Ridha dan juga para pemikir lainnya berkembang ke berbagai penjuru dunia Islam, termasuk Indonesia. Ide-ide pembaharu yang dikumandangkan banyak mengilhami semangat pembaharuan di berbagai wilayah dunia Islam. Banyak kalangan ulama yang tertarik untuk membaca majalah Al-Manar dan mengembangkan ide yang diusungnya. Nama besarnya terus dikenang hingga beliau wafat dalam usia 70 tahun pada 22 agustus 1935.[9]


Daftar Pustaka

Nasution ,Harun, Islam Rasional, Bandung:Mizan,1995.

A.Athaillah,Rasyid Ridha,Konsep Teologi Rasional Dalam Tafsir al-Manar ,Jakarta :Erlangga.

al-Rumi,Fahd,Manhaj al-Madrasah al-Aqliyah al-Haditsah fi al-Tafsir,Beirut : Muassasah al-Risalah,1401 H/1981 m.

Muhammad  ibn al-Salman,al-Syaikh Rasyid Ridha al-Salafi al-Mushlih, Riyadh :Jami-ah al Imam Muhammad Ibn Su’ud al-Islamiyyah,1993. 






[1] Harun  Nasution,Islam Rasional, (Bandung:Mizan,1995),h.106
[2] Ibid
[3] A.Athaillah,Rasyid Ridha,Konsep Teologi Rasional Dalam Tafsir al-Manar (Jakarta :Erlangga)
[4] Fahd  al-Rumi,Manhaj al-Madrasah al-Aqliyah al-Haditsah fi al-Tafsir,(Beirut : Muassasah al-Risalah,1401 H/1981 m), h.172
[5] Ibid
[6] Muhammad  ibn al-Salman,al-Syaikh Rasyid Ridha al-Salafi al-Mushlih (Riyadh :Jami-ah al Imam Muhammad Ibn Su’ud al-Islamiyyah,1993 )  h.155
[7] Muhammad  ibn al-Salman,op.cit,h.198
[8] Harun  Nasution,op.cit, h. 72
[9] A.Athaillah,op.cit ,h.37

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Makalah ADAB BERTETANGGA

DIMENSI ALIRAN PEMIKIRAN ISLAM

“Sejarah Perkembangan Psikologi dan Aliran-alirannya